Kumpulan Dongeng


Putri Salju
Dahulu kala di belahan dunia ini. Di musim salju, Seorang ratu duduk menjahit di dekat jendela. Ketika iamelirik keluar untuk melihat serpihan salju yang tertiup angin, tiba-tiba jarinya tertusuk jarum dan tiga titik darah menodai jahitannya.
“Jika nanti aku punya anak,” Kata Ratu,” Aku ingin seorang putri pipinya semerah darah, kulitnya seputih salju, dan rambutnya sehitam kayu emboni.”
Ajaib, beberapa bulan sesudah itu, keinginan sang ratu terkabul. ........ lanjutkan membaca


Saudara yang serakah
Di sebuah desa, tinggallah dua orang kakak-beradik. Sifat kedua bersaudara ini sangat berbeda, yang tua bernama Hiroki suka berbuat sesuka hatinya dan sangat licik, Sedangkan adiknya bernas Toshiro mempunyai sifat sebaliknya, rajin bekerja dan jujur hatinya. Hiroki selalu iri hati dan selalu mengasingkan adiknya. Toshiro sudah hampir tidak tahan lagi tinggal bersama kakaknya yang jahat itu.
Toshiro sudah mempunyai istri yang baik hati. Mereka  .......... lanjutkan membaca


Putri Sejati
Pada jaman dahulu, di sebuah kerajaan besar, ada seorang pangeran muda yang tampan. Seharusnya ia sudah beristri namun belum juga menemukan gadis yang cocok untuk jodohnya.
Ia berkata kepada raja dan ratu, “Istriku harus seorang putri sejati. Itulah syarat utamanya”
Maka hari itu juga pangeran pamit untuk berangkat mencari seorang putri sejati.
Ia berkelana bertahun-tahun. Setiap kali dilihatnya sebuah puri ia selalu mampir ............ lanjutkan membaca

Cincin Ajaib

Nasib manusia kadang di Atas kadang di bawah. Ada seorang saudagar yang dulu kaya, karena sesuatu hal ia jatuh miskin. Harta miliknya naf masih tersisa hanyalah ssebuah rumah sederhana yang terpencil di desa. Terpaksa ia harus pindah kedesa, di desa itu ia tinggal bersama tiga orang putrinya.

Anak pertama (Si sulung) dan kedua tidak bisa menerima keadaan ini. Sepanjang hari ia hanya berkeluh kesah karena tak biasa hidup di desa dengan cara sederhana.
Si bungsu dengan gembira dan ceria menerima keadaan itu ......... lanjutkan membaca



Kue Ajaib

Ada seorang nenek dan kakek yang hidup di sebuah rumah tua di pinggir jalan besar. Satu hari si nenek menemukan buku resep kue kuno yang aneh.
Dari resep kuno itu si nenek ingin membuat kue jahe yang berbentuk boneka atau orang-orangan.
 Demikianlah setelah adonan selesai ia memasukannya keruang Oven. Tapi beru sebentar oven di panaskan, tiba-tiba terdengar suara lirih.
“Keluarkan aku...! Keluarkan aku ................ Lanjutkan membaca



Tiga Orang Sok Pintar

Dahulu di sebuah desa yang kecil ada empat orang yang bersahabat. Mereka adalah, Ramu, Shamu, Kalu dan Lalu. Mereka semua adalah orang terpelajar, kecuali Lalu ia memang tidak sepandai kawan-kawannya. Karena tak punya waktu dan kesempatan belajar seperti ketiga kawannya.


Pada satu hari keempat sahabat itu duduk  ................. Lanjutkan membaca




Kura-Kura Pemarah
Dahulu, seekor kubra-kura dan dua ekor burung bangau tinggal di tepi sebuah danau. Mereka merupakan kawan akrab. Mereka tertawa dan ngobrol sepanjang hari.
Bertahun-tahun berlalu dalam damai dan bahagia. Sekali musim panah sungai-sungai dan danau kekeringan.
Tak ada hujan turun. Binatang-binatang yang kehausan itu sangat ............ lanjutkan membaca



Tidak ada komentar:

Posting Komentar